Tuesday, April 14, 2009

Aceh Election 2009

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 10 April, aku jalan ke Aceh pidie. Tujuanku adalah uang (hahaha), nggak, maksudnya aku kerja jadi translator buat pemantau Asing. So..here it is..the journey start.

Aku jalan ke beberapa kecamatan di Pidie, ke sigli, juga kecamatan lain (mila dan indrajaya). waktu itu kita mengunjungi 9 TPS. I found lots of interesting things there. Ternyata
masyarakat sana sangat exited untuk ikutan pemilu, semua masyarakatnya berbondong- bondong buat dateng, malah ada masyarakat yang kecewa banget karena mereka tidak mendapatkan undangan untuk memilih.

Pemilu kali ini adalah pemilu yang cukup berbeda untuk masyarakat aceh, soalnya ini merupakan kali pertama Partai lokal ikutan pemilu. So..Acehnese people think that this is the time for them to do something for Aceh, to vote for Aceh's future. Setiap masyarakat mengikuti jalannya pemilu. mulai dari orang muda sampai orang tua, bahkan anak- anak juga ikutan ke TPS, walaupun mereka hanya berwara- wiri di sekeliling TPS dan melihat- lihat pengumuman- pengumuman yang ada di sekitar TPS.

Proses perhitungan suara juga nggak kalah seru. masyarakat pemilih juga ikut menyaksikan proses ini, jadi bukan hanya petugas kpps dan saksi saja. well, it was really seems like " pesta rakyat". sebenarnya aku agak2 sedih juga sih nggak bisa ikutan milih.. (gara2 aku lebih mementingkan uang, hahaha) merasa malu juga, kakek- kakek yang uda pake tongkat aja milih (dia bener2 ngabisin waktu 20 menit lebih lho di bilik suara), nenek- nenek yang tuna netra juga milih (ditemani pendamping tentunya), and I? hwaaaa..malunya saiya..what kind of generation I am?

here are some pictures from the election




well, pelajaran..
pengalaman juga, aku pasti ikutan pas pilpress ntar. tapi paling nggak, kalo aku tetap di B.Aceh aku nggak bisa nemuin pengalaman yang cukup seru ini.

No comments:

Post a Comment